home

Selasa, 24 Agustus 2010

sebuah permulaan..........

Mengenali dan menemukan potensi:

Tuhan telah menggariskan takdir masing-masing dengan potensi yang diberikannya kepada manusia. Agar manusia dapat menjadi makhluk terbaik dan layak menjadi pemimpin di muka bumi.
Potensi setiap orang berbeda-beda, justru karena itu dunia menjadi berwarna dan saling melengkapi dan menggenapkan. Seperti Sahabat -sahabat Rasul yang besar karena mampu mengoptimalkan potensinya masing-masing. Seperti Khalid bin Walid dengan kecerdasan dan strategi perangnya, Abu Darda dengan kedalaman berpikir dan hikmahnya, Ibnu Mas'ud dengan kedalaman ilmu agamanya, Abu Hurairah dengan kekuatan daya ingatnya, Abdurahman bin Auf dengan kedahsyatan insting bisnisnya, Mu'adz bin Jabal dengan kefahaman ilmu fiqhnya, Abbas bin Abdul Muthalib dengan kecerdikan visioner dan kekuatan 'kata-kata'nya, Zaid bin Tsabit dengan ketelitian dan kehati-hatiannya, Umar bin Khathab dengan ketegasan dan kepemimpinannya, juga sahabat-sahabat lainnya.  

Untuk itu bagi mereka yang masih bingung dengan potensi yang dimilikinya, ada beberapa indikator untuk dapat mengenali potensi dasar tersebut. Dan itu merupakan potensi kita bila:

1. Terima Kasih.
Orang lain paling banyak mengucapkan "TERIMA KASIH" kepada kita untuk hal tersebut.

2. WOW!
Seringkali orang lain berkata "WOW!" untuk pekerjaan kita tersebut.

3. Bayar
Mereka berani memBAYAR kita untuk itu. Biasanya karena kita melakukannya dengan hasil terbaik dan memuaskan.

4. Hanya kita yang BISA

Saat berada dalam kondisi tertentu, orang-orang pun mencari kita dan mengatakan, "Hanya kamu yang BISA lakukan itu!".

5. UNTUNG ada kita.
Dimana kita benar-benar dibutuhkan dalam hal tersebut, dan orang lain berkata, "UNTUNG ada kamu!" dan menganggap kita sebagai penyelamat.

Ada lagi indikator lain yakni:

1. Kita menyukai hal itu.
Ini mutlak, biasanya kita akan mengerjakan sesuatu dengan baik bila kita menyenanginya terlebih dahulu.
Artinya kecenderungan dan minat kita memang ke situ. 

2. Kita cepat belajar tentang hal itu.
Saat orang lain perlu beberapa waktu untuk mempelajarinya, kita mampu mengerjakannya dengan lebih cepat dan tanpa kesulitan berarti.

3. Kita mampu memberikan yang terbaik dalam hal itu.
Pasti kita pernah mengerjakan sesuatu dengan hal yang kita sukai, kita cepat belajar tentang itu, dan kita mampu memberikan yang terbaik dalam hal itu.

Jika, kita dapat menemukan sebuah karya yang terdapat lima + tiga indikator di atas, insyallah bisa dipastikan itu adalah potensi kita. Maka fokuslah terhadapnya. Karena bisa jadi potensi itu adalah bidang kita yang menjadikan kita sebagai pribadi yang sukses dan bermanfaat. Baik di dunia maupun di akhirat.

Mario Teguh,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar